Anak Kos?

Wah udah tahun 2018 aja yah, ga terasa udah masuk di tingkat 3, semester 6, dan 3 tahun hidup di tanah rantau.
Nah kali ini gue bakalan cerita tentang kehidupan anak kos, yahh ngasih sedikit gambaran lah ke camaba a.k.a calon mahasiswa baru yang bentar lagi bakal menghadapi UN dan ngerantau di kota orang hehe.


Jadi, untuk gue sendiri ga pernah terbayangkan rasanya menjadi anak kosan. Yang hidup sendiri bener-bener sendiri tanpa keluarga terutama orangtua.
Apalagi bisa dikatakan hidup dirumah itu serba mudah, ga mikirin masak, nyuci baju, bersihin rumah dan segala kegiatan-kegiatan ke-ibu-rumah-tangga-an.
Sewaktu awal memasuki dunia per-kos-an. Hal tersulit yang gue alami adalah nyuci baju. percaya sama gue, ini bakalan menjadi hal tersulit buat kalian dik adik di luar sana yang ga pernah nyuci baju sendiri :))))))))))))))
kenapa? karna untuk gue sendiri at that time gue bingung "bagian mana ya yang harus gue sikat, perasaan ga ada yang kotor deh"
dan gue sampe nanya ke temen gue, kalau nyuci baju gue harus nyikat bagian mananya? ._.
sangking gue ga tau gimana cara nyuci baju. Bahkan untuk tahap-tahap nyuci baju gue belajar dari temen gue. Apa dulu yang harus gue tuang, airnya kah atau sabunnya, trus gue harus berapa kali bilas, trus kalau udah pake pewangi gue harus bilas lagi ga nih baju.
Setelah nyuci, masalah kedua adalah nyetrika baju. Ketika menjadi pemula gue ngerasa apapun yang gue setrika ga ada yang rapi, kecuali jilbab gue :) (karna ga ada bentuknya lol)
ini nih ngerantau tapi ga mempersiapkan diri lol.
gue juga mendadak jadi manusia paling rajin bersihin kamar, gue rajin nyapu, rapiin baju gue di lemari, ngelap cermin, dan gue baru tau bahwa untuk menjaga seprai lo tetep rapi pinggiran seprai lo itu di pentiiin, jadi tuh seprai ga gampang kebuka dan berantakan. Sekali lagi ilmu ini gue dapet dari temen gue setelah menjadi anak kosan.
Dulu, sewaktu gue masih jadi anak sekolahan. Gue berpikiran gila enak banget ya jadi anak kosan, mau masuk mau engga ga ada yang marah. ga di atur-atur. but ketika lo udah masuk di dunia perkuliahan dan menjadi seorang anak kosan, tanggung jawab lo akan tumbuh tanpa lo sadari. buat ga masuk kelas itu jadi beban tersendiri buat lo, bahkan lo bakalan bela-belain buat tetep hadir mau hujan badai kaya gimana juga. Padahal ga ada yang ngatur lo, ga ada yang marahin lo buat ga masuk, tapi lo bisa ngilangin rasa malas lo itu dan tetep milih masuk :)
Setelah menjadi anak kos, lo juga dituntut menjadi orang yang perhitungan. Maksud perhitungan disini adalah lo harus bisa memanage uang bulanan lo. Berapa banyak jatah belanja bulanan lo, uang makan lo, dan uang hedon lo. Lo harus bisa memanage itu semua. Jangan tergiur dengan jumlah uang yang lo punya di awal bulan, lo ga mau kan berakhir dengan makan nasi+kecap di akhir bulan?
Buat gue sendiri, awal mula menjadi anak kosan itu berat buat memanage duit. Apalagi gue berasal dari kota kecil, so waktu gue menginjakkan kaki di mall kebayang dong gimana..... gue makan apa yang gue pengen nyoba, gue beli barang-barang lucu yang super ga penting, sampe payung gue aja super super lebay banget bentuknya :') hanya karena gue tergiur segala hal yang lucu. Sampe akhirnya gue di titik "gue harus hemat, gue harus bisa manage duit gue dan ini harus cukup"
dan yahhhhh Alhamdulillah saat ini gue udah punya tabungan tetap di bank *senyum sumringah*
Nah, gue sempet bosen dengan makanan warteg deket kosan gue. Dan gue sampe dititik "kayanya gue masak sendiri aja kali ya". Akhirnya pertama kalinya dalam hidup gue, gue bener-bener belanja ke pasar sendirian, gue nanya harga bawang dan cabe, gue sampe download aplikasi resep masakan di hp, gue ngulek dan gue makan masakan gue sendiri. ku bangga sekali........
Masak adalah satu-satunya cara gue ketika gue lagi bosen makan makanan yang itu-itu lagi. Dan gue merasa sudah menajadi ibu-able ketika gue lagi masak. lol.


Gue tersadar bahwa, untuk kita dan camaba yang kelak akan tinggal di tanah rantau. Kita harus bersyukur karna kita mendapatkan kesempatan untuk ngerasain survive nya menjadi anak kosan di kota orang. Gimana hidup susah. Gimana lo belajar tentang ngurusin diri lo sendiri. Terutama buat orang-orang kaya gue yang udah mendapatkan kemudahan di kehidupan sebelumnya.
Nikmatin masa-masa ini, syukurin kalau lo udah belajar dan mengerti "sedikit" tentang gimana cara ngurus hidup lo sendiri :)
sekian tulisan dari gue, semoga bermanafaat untuk temen-temen semua yang sebentar lagi akan menjadi "Anak Kos" ;)

Komentar

Postingan Populer