PRAKTIKUM I STKS BANDUNG

Assalamualaikum!
Selamat datang kembali di blog aku hihi... udah lama nih ga nulis.
Okey, kali ini aku bakal berbagi informasi seputar Praktikum I nih!
Alasan aku menulis ini karena ingin membantu adik-adik semua memperoleh gambaran tentang gimana sih Praktikum I itu. Karena waktu jaman ku sih aku bener-bener minim informasi banget hehe maybe because aku yang kudet atau memang informasi nya terbatas.

Praktikum I itu adalah praktik lapangan calon pekerja sosial STKS Bandung dengan fokus Mikro dan Makro. Dimana lokasinya di  kelurahan terpilih di Kota Bandung. Satu kelurahan terdiri dari satu kelompok yang mana satu kelompok beranggotakan 7 mahasiswa.
Tiap kelurahan ini tentunya bagian dari 1 kecamatan, nantinya bakal ada koor kecamatannya atau yang biasa disebut Korcam dan perangkat2 pembantunya yang bertangung jawab mengkoordinir kecamatan tersebut.
Praktikum I ini biasanya mahasiswa bakal ngontrak rumah supaya bisa berada di lapangan sesuai jam praktik yang ditentukan yaitu selama 768 jam atau setara dengan 12 SKS. Nah tips buat temen-temen mendingan jangan cari rumah mepet dengan jadwal lapangan, di khawatirkan daerah temen-temen krisis rumah kontrakan :D jadi kalau bisa dari jauh-jauh hari udah mulai sekelompok cari-cari rumah tuh kan bisa dapet banyak pilihan dengan berbagai harga dibanding mepet dengan waktu praktikum.
Kenapa Praktikum I fokusnya mikro makro? Karena dalam konteks makro temen-temen bakal ngedata berapa banyak jumlah PMKS dan PSKS di kelurahan tersebut dan dalam konteks mikronya temen-temen akan memilih satu jenis PMKS untuk di dalami. Tiap orang biasanya beda-beda PMKS nya tergantung dengan kondisi lapangan seperti apa. Nah pembagiannya gimana kesepakatan kelompok, ntah itu sesuai keinginan masing-masing atau di undi. Tapi menurutku sih enakan sesuai keinginan kita jadi ngejalaninnya juga ga jadi beban, misal temen-temen minat mendalami lansia pasti semangat dong melakukan praktik. Beda kalau minatnya lansia tapi undian mengharuskan temen-temen menggali tentang Anak Terlantar. Tapi balik lagi ke kondisi lapangan dan situasi kelompok yaa. Pokoknya harus solid dan saling pengertian sesama anggota kelompok biar ngejalanin praktikumnya juga enak! hihi ^^
Nah Praktikum I itu dibagi menjadi 3 sesi : Pra-lapangan, Lapangan dan Ujian Lisan.
Waktu jamanku Pra-lapangan dilakukan pada tanggal 13 - 17 Februari 2018.
Nah disini itu kita dikasih pembekalan dari pihak kampus dan juga dari dosen pembimbing atau yang disebut Supervisor sebelum turun ke lapangan.
Pembekalan dari pihak kampus atau lembaga ini dilakukan dengan memberikan penjelasan tentang Praktikum I beserta tujuan, manfaat dan hasil yang ingin dicapai, juga penjelasan tentang nilai-nilai dan moral praktikan dalam bertindak sebelum Praktikum dimulai, yang bertujuan agar Praktikan STKS dapat membawa dan menjaga nama baik Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung ;)
Sedangkan dengan Supervisor kita diberikan arahan untuk memahami konsep Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) sebelum turun ke lapangan. Tujuannya apa? biar kita memiliki landasan ketika turun, ga bingung, dan udah ada gambaran nih PMKS dan PSKS tuh seperti apa. Kita juga diberikan arahan bagaimana membangun relasi yang baik dengan pihak kelurahan supaya kita di mudahkan dalam melaksanakan kegiatan praktikum disana dan tentunya mendapat respon yang baik dari mereka. Kira-kira seperti itulah pembekalan pra-lapangan praktikum I.
Next, Kegiatan Lapangan.
Jamanku dilakukan pada tanggal 21 Februari - 17 Mei 2018.
Nah aku kebagian di Kelurahan Cigending Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Awal banget yang harus kita lakukan adalah membuat matriks kegiatan. Tujuannya? Supaya kita tau apa yang harus kita lakukan dan terencana sesuai target kita. Matriks dibikin bareng-bareng anggota kelompok. Bisa ketika pra-lapangan atau ketika pertama kali sampai di posko (rumah kontrakan). Matriks dibikin sesuai buku pedoman praktikum, bedanya di matriks kita mencantumkan tanggal pelaksanaan setiap tahapannya. Supaya apa? Supaya kita ga membuang-buang waktu dan bisa terlaksana semua. Logikanya tahapan tanpa tanggal pasti kita bingung nih ini harus sampai kapan ya, atau jangan-jangan harusnya udah melakukan ini tapi kita stuck disitu aja. Tanggalnya bisa dikira-kira temen-temen sesuai buku pedoman. 
Terus ada penyambutan di lapangan, baik di tingkat kecamatan ataupun kelurahan. Tujuannya agar pemerintah setempat tau nih ada mahasiswa yang lagi praktik di lokasi tersebut. Disini juga kesempatan adik-adik memperkenalkan diri dan membangun relasi yang baik dengan pihak setempat. Nah jangan lupa sampaikan ke pihak kelurahan untuk melibatkan adik-adik di berbagai acara kelurahan. Tujuannya ya membangun relasi, semakin sering mengikuti kegiatan kelurahan maka adik-adik tentunya semakin dekat dengan pihak kelurahan dan adik-adik juga bisa mendapatkan informasi mengenai PMKS dan PSKS dari mereka di sela-sela acara.
Next, jangan lupa tujuan temen-temen! Jangan terlena ikut acara terus sampe lupa temen-temen punya tugas disitu, yaitu menggali PMKS dan PSKS di kelurahan tersebut. 
Gimana caranya? ya itu tadi dengan ikut kegiatan kelurahan kalian bisa sambil-sambil dapet informasi atauuu temen-temen bisa membuat pertemuan tiap RW untuk mendata PMKS dan PSKS. Nah biasanya orang awam kan agak sedikit asing mengenai istilah yang kita gunakan, di awal2 pertemuan temen-temen jelaskan dulu apa itu PMKS dan PSKS sesuai Permensos No. 08 Tahun 2012 setelah itu teman-teman bisa tanyakan apakah ada penduduk setempat dengan kriteria PMKS yang udah di jelaskan.
Laluuuu, setelah mendata dan menentukan fokus tiap individu temen-temen melakukan intake nih dan assesment deh. Temen-temen menggali apa sih permasalahan yang di hadapi, apa sih sebab masalah itu, dan harapan dari pmks tersebut itu seperti apa.
Menurut aku sih di Praktikum I ini kita di tuntut untuk paham dengan gejala-gejala masalah serta bagaimana sih kita bisa melakukan asesment mendalam untuk mendapatkan informasi mengenai permasalahan yang sedang di alami sedalam mungkin.
.
.
.
Nah kurang lebih gitu deh gambaran di lapangan nanti, mungkin yang bikin berat ketika praktikum I ini kita harus extra tenaga banget buat ngikutin kelas, tugas-tugas kajian dan kegiatan praktikum.Harus bisa bagi waktu, hargain banget tuh waktu kosong buat nyicil tugas-tugas jangan sampai numpuk. Laporan juga harus dicicil, jangan anggap seminggu bisa kelar ya wkwk. Kelar sih kelar tapi di jamiiinnnnnn bakal kurang tidur dan capekkkkk banget :'). INGET DI CICIL LAPORANNYA!
Yang rajin ajakin temennya nyicil, yang males jangan nyeret temennya jadi males. Tapi jangan terlalu panik juga ya, santai tapi selesai lebih enak di banding terlalu santai tapi ga selesai-selesai :D
Oh ya, menurutku juga seberat apapun keadaan di lapangan kalau temen-temen punya kelompok yang solid InsyaAllah ga akan terasa beratnya. Makanya kekompakan ketika praktikum itu penting banget, sesama kelompok harus saling back up temen-temennya, jangan menjatuhkan atau bossy banget di dalem kelompok. Ga ada yang di gaji dan menggaji. Semuanya dilakukan bersama yaa sesuai tugas yang diberikan. Minimal support deh temennya yang sedang mengerjakan tanggung jawab kelompoknya hehe. 
Mungkin itu aja yang bisa aku share disini, kalau ada pertanyaan atau apalah bisa komen yaa. 
Makasih udah mampir kesini, semoga sedikitnya bisa membantu memberikan informasi ke adik-adik semua yang sebentar lagi mau praktikum nih. 
Blog ini aku tulis berdasarkan pengalaman aku di lapangan ya dan tentunya dari kacamata aku hihi, mohon maaf kalau ada kesalahan atau kekurangan dalam penyampaiannya semoga bisa tersampaikan informasi yang aku tuliskan ke teman-teman semua dengan baik! ^^

Komentar

  1. Hatur nuhun ka sharing nya. Alhamdulillah saya mendapat gambaran untuk praktikum 1.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer